Cinta Fitria (Episode #17): Awal yang Sempurna

November 3, 2010 at 7:26 am 8 comments

Tak ingin membuang waktu lama, Aan segera menyudahi perdebatan dengan pengawas.

“Pak, waktu ujian kan masih 30 menit, boleh minta tambahan soal nggak, buat ngisi waktu daripada nganggur?” pinta Aan kepada pengawas, mengingat tadi sudah menggunakan trik minta tambahan lembar jawaban, berarti sekarang saatnya minta tambahan soal ujian.

“Saya lagi nggak pegang soal, tuh minta sama Pak Doddy, yang duduk di meja tengah. Minta soal yang bener, jangan soal kelas 4 SD, waktumu tinggal 30 menit untuk ngerjain soal yang sama kayak temen-temenmu”.

Sebenernya batin Aan tidak terima dikatain seperti itu, yang ngasih soal siapa yang disalahin siapa. Tapi Aan tidak mau membuang waktu, dia bergegas menemui Pak Doddy, lelaki paruh baya yang duduk di barisan pengawas. Aan agak sedikit takut melihat tampang Pak Doddy yang kelihatan galak.

“Pak Doddy, saya mau minta soal lagi, tadi yang saya kerjakan soal yang salah” aku Aan atas kesalahannya.

Pak Doddy yang saat itu juga gak memegang sisa soal mengambilkan Aan soal dimaksud dari meja pengawas di sebelah yang saat itu kebetulan kosong ditinggal pengawas bersangkutan memantau di bagian belakang barisan peserta kalau-kalau ada yang berbuat curang.

“Ini, semoga sukses” kata Pak Doddy ramah menghilangkan kesan angker atas penampilannya.

“Terima kasih Pak” balas Aan.

Aan berjalan santai ke tempat duduknya sambil memikirkan rumus apa yang bisa digunakan untuk menyelesaikan 180 soal dalam waktu 30 menit dikurangi waktu buat menghitamkan bulatan-bulatan lembar jawaban kira-kira 5 menit. Terpikir oleh Aan untuk menggunakan rumus menghitung kancing baju, tapi ia sadar cara itu tidak akan selesai dengan waktu yang tersisa. Selanjutnya Aan terbayang untuk menggunakan rumus B saja, maksudnya semua soal dipilih jawaban B, tapi peluang benar hanya 25%. Selanjutnya timbul ide briliannya untuk menggunakan rumus pola, ia sempat melihat sekilas jawaban temannya. Dengan keahlian yang sudah terlatih dan tingkat akurasi yang tinggi Aan dipastikan bisa meniru pola bulatan yang sempat dilihat untuk disalin di lembar jawabannya. Ya itu saja, sebuah ide yang sederhana namun tepat guna.

Sampai di tempat duduknya, Aan membuka soal ujian yang baru saja diterima. Alangkah kagetnya Aan karena didalamnya banyak coretan. Ternyata pengawas yang soalnya diambil oleh Pak Doddy tadi sambil ngawasi dia iseng ikut mengerjakan soal yang dipegangnya. Tanpa berpikir panjang Aan menyalin semua jawaban yang telah ditandai oleh pengawas tadi ke lembar jawabnya. Dalam waktu kurang dari 15 menit Aan telah menyelesaikan semua soalnya. Ya, Aan telah berhasil mengerjakan semua soal dengan tanpa satu pun membaca soalnya. Waktu ujian yang tinggal 10 menit kali ini tidak dimanfaatkan Aan untuk mengganggu temannya, dia telah insyaf, sadar mendapat keberuntungan dalam waktu yang tepat.

Tepat pukul 11.30 waktu ujian telah habis, ujian dihentikan. Sebelum keluar dari ruangan Aan menyempatkan diri menemui Pak Doddy.

“Pak, saya mengucapkan banyak terima kasih, atas bantuan Bapak saya bisa menyelesaikan semua soal dalam waktu yang tidak terlalu lama”.

“Sama-sama, semog kamu bisa lulus” doa lelaki setengah buaya yang mempunyai nama lengkap Doddy Jumanji itu.

Selanjutnya Aan menyampaikan sesuatu untuk teman-temannya sesama peserta ujian.

“Teman-teman mohon perhatiannya sebentar, bagi teman-teman yang tadi meminjam pensil 2B kepada saya tolong tidak usah dikembalikan, anggep aja kenang-kenangan dari Aan untuk temen-temen semua.

“Terima kasih ya An, sudah dipinjemin pensil, jadi gak enak juga akhirnya malah dikasih” sahut seorang peserta ujian.

“Lagian ngapain dibalikin, nanti juga gak dipakai sama Aan,  paling ini ujian terakhir buat dia” ledek temen yang lain.

Tak terima dengan ledekan itu akhirnya Aan buka mulut.

“Iya bener gak akan kupake, lagian ngapain aku pake pensil 2B palsu?” sahut Aan sambil lari keluar ruangan menyelamatkan diri atas kemungkinan yang akan terjadi nanti.

“Apa?!!! Palsu!!!!?” teriak beberapa orang bersamaan sambil diikuti suara sepatu melayang, kursi dibanting, kaca jendela pecah dan suara-suara sebangsanya.

(Bersambung)

Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hari orang lain pula. (Anonim)

Advertisements

Entry filed under: Cinta Fitria.

Cinta Fitria (Episode #16): Ujian Cinta Cinta Fitria (Episode #18): Putri Indonesia

8 Comments Add your own

  • 1. Cinta-Fitri  |  November 3, 2010 at 7:41 am

    wuahahahahahaha,, lucuuuuuuu…

    Soal pengawas yang begitu, jadi inget pengalaman pribadi waktu SMA, ujian akhir, ngerjainnya dibantu diarahin ma pengawas, hihihi,

    btw, pensil @b sekarang juga ada yang palsu ya?? wahh, harus hati2 nih, klo ujian jangan mau minjem atau dipinjemin Aan lagi ah, meragukan,,hihi

    Reply
    • 2. mustphar  |  December 10, 2010 at 9:48 pm

      ada pensil 2B yang palsu, biasanya harganya jauh lebih murah dari yang asli, kalau dipegang terasa lebih kasar, maka berhati-hatilah, haha…

      Reply
  • 3. dewi  |  November 3, 2010 at 4:01 pm

    hahahaha
    Aan kejam….

    Reply
  • 5. nidu  |  November 3, 2010 at 9:11 pm

    Kirain ekspresinya Aan, saat jam mau habis, berteriak ekspresif sambil mematahkan pensil 2B nya sambil berteriak “waahh, ternyata pensil 2B nya palsuuuu” yang langsung membuat bingung sainganya 😀

    Hahahahaha

    Reply
    • 6. mustphar  |  December 10, 2010 at 9:50 pm

      haha… ending yang bagus juga. 😀

      Reply
  • 7. klozee  |  December 9, 2010 at 3:31 pm

    mau maunya pak doddy….

    Reply
    • 8. mustphar  |  December 10, 2010 at 9:50 pm

      pak doddy kan orangnya baik hati 🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Recent Posts


%d bloggers like this: